"Bombay: Bawang dengan Khasiat Super"

      


     

      Bawang bombai(Latin: Allium Cepa Linnaeus) adalah jenis bawang yang paling banyak dan luas dibudidayakan, dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging tebal. Bawang bombai biasa digunakan dalam memasak makanan di Indonesia, tidak hanya digunakan sebagai hiasan tetapi juga bagian dari masakan karena bentuknya yang besar dan tebal dagingnya. Disebut bawang bombai karena dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai sekarang) di India ke Indonesia.

       Bawang bombai berasal dari Asia Tengah, kemungkinan Palestina, lalu menyebar ke Eropa dan India, dan masuk dibawa oleh para pedagang dari sana. Bawang bombai memiliki aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu.Pohonnya tumbuh tegak ke atas, akarnya serabut dan tidak terlalu panjang (±10c), daunnya bebentuk seperti pipa namun pipih berwarna hijau tua dan berukuran lebih besar dibanding daun bawang merah biasa. Batang semunya merupakan pelepah daun dan menimbulkan jejak cincin-cincin, pangkal pelepahnya melebar dan menebal membentuk bengkakan besar yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, bengkakan itu sendiri adalah umbi bawang.

      Bukan hanya membuat makanan semakin sedap, bawang bombay memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat bawang bombay? Ini dia ulasannya Sebelum mengetahui manfaatnya, yuk lihat apa saja sebetulnya isi dalam bawang bombay.





Dalam 100 gram bawang bombay mengandung:
  • Air: 87.5 gram
  • Energi: 43 kal
  • Protein: 1,4 gram
  • Karbohidrat: 10,3 gram
  • Serat: 2 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Natrium: 12 mg
  • Kalium: 9,6 mg
  • Vitamin C: 9 mg
  • Kalsium: 32 mg
  • Besi: 0,5 mg
  • Zink: 0,3 mg
  • Vitamin B2: 0,21 mcg (mikrogram)
  • Karoten total: 50 mcg
Dilihat dari nilai gizi tersebut, bawang bombay termasuk bahan makanan yang mengandung padat zat gizi. Bawang bombay rendah kalori namun tinggi akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan di dalamnya.

Khasiat Super Bawang Bombay diantaranya: 

1. Kesehatan jantung
Bawang bombay memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dari menjaga tekanan darah, hingga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung.
Hal ini karena adanya kandungan kalium dalam bawang bombay yang memiliki efek penurun tekanan darah. Quercetin, salah satu jenis flavonoid dalam bawang bombay juga membantu kalium menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Mencegah terjadinya kanker
 Manfaat bawang bombay lainnya adalah sebagai pencegah kanker. Bawang bombay masuk ke dalam kelompok sayuran allium. Sayuran allium ini memiliki keutamaan mencegah kanker terutama kanker perut dan kolorektal (usus besar) karena senyawa organosulfur di dalamnya yang sangat tinggi.
Mekanisme tepatnya bagaimana organosulfur menghambat pertumbuhan sel kanker masih belum diketahui, namun pada dasarnya senyawa ini berperan penting mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Bawang bombay juga merupakan sumber antioksidan dari vitamin C yang sangat kuat. Kondisi ini membuat bawang bombay memiliki kekuatan yang besar untuk menangkal radikal bebas yang memicu kanker. Selain itu, bawang bombay juga dikenal dengan kandungan quercetinnya. Quercetin merupakan agen anti kanker yang kuat.
Dilansir dari laman Live Science, orang yang makan bawang bombay menyerap dua kali lebih banyak quercetin dibandingkan mereka yang minum teh, tiga kali lebih banyak dibandingkan mereka yang makan apel. Apalagi pada bawang bombay yang merah, kandungan quercetinnya paling tinggi.
Bawang bombay juga dapat membantu menangani efek samping dari pengobatan kanker. Sebuah studi tauhn 2016 dalam Integrative Cancer Therapies menemukan bahwa mengonsumsi bawang bombay segar membantu mengurang terjadinya resistensi insulin dan hiperglikemia pada pasien kanker payudara yang sedang menjalani kemoterapi. Seperti yang sering terjadi, kemoterapi kanker payudara biasanya menimbulkan efek samping ini.

3. Menjaga mood
Folat yang ditemukan dalam bawang bombay ternyata juga bisa mengurangi gejala depresi dilansir dalam laman Medical News Today. Folat mengurangi terbentuknya homosistein, senyawa yang bisa mencegah darah dan zat gizi mencapai otak dengan optimal.
Dengan menekan produksi homosistein, ini artinya produksi zat kimia di otak seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin bisa diproduksi dengan lancar. Produksi zat kimiawi otak ini yang lancar membuat otak lebih optimal mengatur suasana hati, siklus tidur, dan juga nafsu makan.

4. Menguatkan kekebalan tubuh
Manfaat bawang bombay juga sebagai penguat sistem imunitas tubuh. Polifenol dalam bawang bombay bertindak sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari radikal bebas. Berkurangnya tumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat.
Menurut University of Maryland Medical Center, quercetin di bawang juga bantu mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh memproduksi histamin, yang membuat Anda bersin, menangani, dan gatal.

5. Menjaga fungsi sistem pencernaan
 Serat dalam bawang bombay membuat kerja sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Bawang bombay mengandung jenis serat khusus, yakni serat larut yang disebut dengan oligofructose. Serat ini yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Oligofruktosa ini juga dibutuhkan untuk membantu mencegah dan mengobati diare.

6. Menjaga kadar gula darah
Kromium yang terdapat dalam bawang bombay memiliki peran membantu mengatur kadar gula darah. Sulfur dalam bawang bombay membantu menurunkan gula darah dan memicu peningkatan produksi insulin.
Studi dalam jurnal Environmental Health Insights menyatakan bahwa bawang bombay sangat berguna untuk orang-orang dengan diabetes. Orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang makan bawang bombay (berwarna merah) dalam penelitian ini menunjukan kadar gula darah yang lebih rendah hingga 4 jam kedepan.

      Khasiat dari Bawang Bombay memang sangat Super dan luar biasa untuk tubuh manusia, berdasarkan kandungan gizinya  Kebab Alibaba sebagai brand franchise kebab terbaik di Indonesia menggunakan bawang Bombay pilihan sebagai bahan pembuatan menu kebab alibaba diantaranya yaituRoti Johny” , “Kebab” dan menu lainnya. Alhasil saat ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyukai menu baru Roti Johny dan menu lainnya dari kebab alibaba sebagai makanan di saat santai dan berkumpul bersama keluarga tersayang, karena selain mengenyangkan menu kebab alibaba memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.


ROTI JOHNY


Yuk tunggu Apalagi Datang langsung Ke Outlet Kebab Alibaba Untuk menikmati kelezatan Menu dari Kebab Alibaba.

Info Franchise:

0857-7511-4833


Instagram : https://www.instagram.com/franchisekebabalibaba/
Facebook : Kebab AliBaba
Twitter : franchisekebabalibaba
Youtube : Kebab Alibaba TV
www.kebabalibaba.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s