8 Manfaat Cabai Untuk Kesehatan || www.kebabalibaba.co.id

kementan-ada-9-bandar-besar-bermain-di-balik-tingginya-harga-cabai

8 manfaat cabai yang paling utama dan bisa menjadi alasan kamu untuk mengkonsumsi cabai:

 

  1. Penghilang Rasa Sakit

Rematik-1

Pelepasan endorfin yang dirangsang oleh cabe dapat berperan sebagai penghilang rasa sakit alami. Selain itu, endorfin juga dapat membuat seseorang menjadi ketergantungan. Berikut ini rasa sakit yang mampu diredakan oleh cabe adalah herpes zoster, bursitis, neuropati diabetes dan kejang otot pada bahu, serta penyakit rematik. Capsaicin pada cabe bekerja sama dengan reseptor rasa sakit, adanya sensasi rasa panas mampu membuat ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit.

 

  1. Menurunkan Berat badan

081458500_1546425666-20-cara-mengencangkan-kulit-setelah-berat-badan-turun

Capsaicin dipercaya mampu mengurangi asupan kalori. Penelitian menunjukkan 10 gram cabe merah mampu meningkatkan pembakaran lemak pada perempuan dan laki-laki. Memang tidak semua penelitian menemukan cara ini efektif, bahkan ada yang menemukan bahwa cara ini tidak bekerja sama sekali.

 

  1. Mengatasi Diabetes

Hand holding a blood glucose meter measuring blood sugar, the background is a stethoscope and chart file

Salah satu manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi cabai adalah sebagai makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah. Karena cabai ini dapat menurunkan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh, maka bagi Anda yang mempunyai gangguan kesehatan berupa diabetes, dapat mengkonsumsi cabai ini dengan kadar yang sewajarnya. Selain mengobati diabetes cabai juga memiliki fungsi lain seperti menyehatkan pencernaan, menghentikan kanker prostat, meredakan sakit kepal, dan lain sebagainya.

 

  1. Menyehatkan Pencernaan

bio-organ-pencernaan

Cabe dapat dikonsumsi segar ataupun dikeringkan untuk tujuan pengawetan. Cabe kering dapat ditumbuk untuk disajikan dalam bentuk bubuk. Selain itu, cabe juga dapat dipanggang atau dibakar hingga berwarna kehitaman.

Berbeda dengan pandangan umum yang menuduh cabe sebagai penyebab sakit perut, manfaat cabe justru dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Cabe dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada lambung (dispepsia), nyeri ulu hati, perut kembung, dan mual. Makanan pedas yang mengandung cabe juga terlihat dapat menghambat pertumbuhan bakteri H.pylori yang dapat menyebabkan luka pada dinding lambung.

Selama ini, penderita tukak lambung diminta membatasi atau menghindari cabe. Namun, penelitian menemukan bahwa cabe tidak selalu menjadi penyebab terjadinya tukak lambung. Capsaicin dalam cabe tidak menstimulasi pembentukan asam lambung, justru mencegah hal tersebut. Capsaicin akan menstimulasi kondisi basa pada lambung, serta memperlancar peredaran darah dan meningkatkan produksi lendir yang melindungi dinding lambung dari kerusakan. Capsaicin juga dapat memengaruhi saraf lambung yang mengatur rangsang nyeri.

Namun efek baik ini berlaku hanya pada sebagian orang, terutama mereka yang belum pernah menderita tukak lambung. Jika sebelumnya Anda sudah pernah mengalami luka di dinding lambung, dan semakin memburuk saat mengonsumsi makanan pedas yang mengandung cabe, maka sebaiknya menghindari konsumsi cabe.

 

  1. Mencegah bisul pada lambung

Kanker-Lambung

Orang-orang berasumsi bahwa memakan cabe dapat menimbulkan bisul pada lambung, namun ternyata cabe membantu membunuh bakteri yang kemungkinan tertelan oleh Anda dan memberikan stimulasi sel-sel yang melapisi lambung untuk mengeluarkan zat-zat yang melindungi lambung.

 

  1. Mencegah penyakit jantung

six-most-common-causes-of-chest-pain-800x600

Kandungan vitamin B6 dan asam folat yang terdapat pada cabe, serta potassium dan beta karoten, Anda dapat terhindar dari serangan jantung. Vitamin B juga dapat dapat mengurangi level homocysteine; tingginya level homocysteine dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

 

  1. Mencegah risiko kanker usus besar

6-gejala-kanker-usus-besar-yang-jarang-disadari-orang-181207l

Vitamin C sangat berpenagruh dalam peningkatan imun tubuh. Cartonoid lycopene, beta karoten dan asam folat pada cabe merah mampu mengurangi risiko kanker usus besar. Asam folat sangat berguna untuk metabolisme tubuh yang sehat.

 

  1. Melancarkan pernapasan

Breathing

Cabe dapat membantu melebarkan saluran napas di paru-paru, sehingga dapat mengurangi asma. Vitamin A pada cabe dapat mengurangi radang paru-paru akibat merokok, sebab asap rokok mengandung benzopyreneyang menghancurkan vitamin A dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s